jam sekarang

MENGUBAH PIKIRAN DAN PERASAAN

tulisan softskill(interaksi manusia dan komputer)
BY : Jettira vetty

MENGUBAH PIKIRAN DAN PERASAAN

Dalam ilmu hipnotis, sebenarnya ada dua teknik yang bisa digunakan. Yakni direct dan indirect. Sesuai artinya, direct berarti menghipnotis secara langsung yaitu membawanya kea lam bawah sadar. Teknis seperti ini biasa dilakukan Rommy Rafael di televisi.
Sedangkan teknik indirect adalah teknik yang mampu menghipnotis seseorang tanpa harusmembuatnya kedalam kondisi seperti tertidur. Teknik ini adalah gabungan antara teknik hipnotis dan NLP atau Neuro Linguistic Programme. NLP adalah suatu teknik komunikasi untuk mengubah pikiran dan perasaan seseorang.
Kalau teknik direct itu perintah. Sedangkan teknik indirect seperti orang ngobrol saja. Dia tidak akan sadar bahwa sebenarnya ia tengah dihipnotis. Dalam teknik indirect, pola bahasa yang digunakan hipnotis langsung masuk kedalam pikiran alam bawah sadar seseorang. Jadi mereka akan di giring terlebih dahulu ke kondisi trance, yaitu kondisi yang paling rileks, saat seseorang focus hanya focus pada satu hal, kemudian masuk sugestinya, inisepenuhnya dilakukan pada kondisi seseorang sadar total.
Salah satu pelatihan yang biasanya digunakan teknik ini ialah hypno -parenting. Di pelatihan ini orang tua diajarkan bagaimana cara berkomunikasi dengan anaknya mengguanakan kata-kata sugesti yang di adaptasi dari NLP. Jadi orangtua tak perlu membuat anaknya berada dalam kondisi setenga tidur untuk memasukkan sugesti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar