jam sekarang

JADI TEMAN CURHAT YANG TERBAIK

tulisan softskill(interaksi manusia dan komputer)
BY : Jettira vetty

JADI TEMAN CURHAT YANG TERBAIK

Mengungkapkan isi hati dan perasaan kepada teman alias curhat membuat seseorang menjadi lebih bahagia. Curhat juga merupakan cara gampang melepas stress.Dalam pergaulan , kita seringkali sulit menemukan seorang teman untuk menceritakan segala seluk-beluk dalam banak hati kita, teman yang mampu menyimpan rahasia hidup kita. Kerap kali teman kita dengan dengaja atau tidak sengaja menceritakan rahasia kita kepada orang lain.
Apakah anda juga demikian dengan teman anda?? Bagaimana kita bisa menjadi teman curhat yang baik untuk setiap teman kita?? Ikiuti tips berikut :

 Dengarkan setiap cerita yang disampaikannya
Ketika dia menyampaikan ceritanya, sebaiknya anda menjadi pendengar yang baik, menyimak dengan seksama setiap cerita dia hingga selesai. Hindarkan untuk telah menyiapkan jawaban yang mujarab sebelum cerita dia selesai dan jangan memotong pembicaraan ketika dia sedang berbicara.

 Tujuan sebanarnya kita member nasihat, untuk kita atau untuk dia?
Adakalanya tanpa anda sadari, kita sering membuat kesalahan ketika dia meminta saran/masukan. Anda malah member saran tersebut agar dianggap lebih bijak atau lebih tau tanpa menyadari bahwa tujuan dia curhat untuk kebaikan dia itu.

 Berikan beberapa alternative pilihan solusi
Beberapa alternative solusi akan memberikan pilihan yang lebih beragam atas tindakan yang dapat di ambil untuk menghadapi masalah-masalah yang dihadapi, sekaligus dapat memilah-milah sisi positif dan negatifnya dari setiap nasihat yang anda sarankan.

 Jangan sakit hati jika dia tidak mengikuti saran/nasihat anda
Setelah anda memberi nasihat/saran dan akhirnya dia tidak melakukan aoa yang telah anda sarankan, jangan sampai sakit hati atau kecewa. Karena tujuan anda adalah sekedar member nasihat. Nasihat itu hanya menjadi bahan pertimbangan dan untuk melakukannya tergantung pada dia.setiap manusia memiliki pemikiran sendiri.

 Jika tidak bisa sebaiknya diam
Setelah mendengarkan cerita dia, jika anda merasa tidak mampu memberikan saran, nasihat, atau pendapat, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk memberikan saran kepada dia. Mungkin saja ketika itu anda sedang dalam kondisi tidak mood atau pikiran anda sedang kosong. Sebaiknya anda terus terang kepada teman kita.

 Pastikan dia memang membutuhkan nasihat anda
Pastikan teman nada yang sedang berbicara tersebut memang membutuhakan nasihat atau saran dari anda. Mungin saja teman anda itu curhat hanya ingin agar anda mendengarkannya saja. Hal yang menyebalkan ketika dia ingin hanya di dengarkan, tetapi anda malah member saran.

 Berhati-hatilah tanpa menyinggung orang lain
Berhati-hatilah ketika memberikan saran tanpa menyinggung perasaan orang lain. Missal teman anda meminta saran bagaimana menghadapi pacar dia dan kebetulan pacar dia itu memang tidak anda sukai. Hindari untuk member komentar-komentar yang bernada merendahkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar