jam sekarang

MANUSIA DAN PENDERITAAN

(tugas P)
mat.kulh : Ilmu sosial dasar
by : Jettira.v

PENGERTIAN DARI PENDERITAAN

Sebagian kita ketika mendengar kata “Penderitaan” mungkin merasa sangat ketakutan, atau mungkin ada orang yang sudah bosan dengan penderitaan itu. Bagi orang yang ketakutan, jangan sampai penderitaan itu sampai kepadanya untuk memikirkannya saja ia takut, apalagi penderitaan itu harus menghampiri dirinya. Oleh sebab itu ia harus melakukan dengan berbagai cara agar dirinya tidak menjumpai penderitaan itu. Sedangkan orang yang sudah menganggap dirinya sering dijumpai penderitaan akhirnya hanya pasrah menerimanya, karena tidak memiliki kuasa apapun dalam dirinya. Penderitaan mengaturnya menjadi pribadi yang pasrah, tanpa sikap yang jelas. Penderitaan berasal dari kata derita yang berasal dari bahasa sanskerta"dhra" yang berarti menahan atau menanggung. bentuk dan penderitaan untuk setiap orang tidak sama,pepatah belanda mengatakan "Ieder huis heft een eigen kruis" yang artinya setiap rumah punya persoalan sendiri.prnderitaan merupakan salah satu resiko pada manusia, selain kebahagiaan dan kesenangan, yang di berikan Tuhan.dengan maksud agar manusia mengerti akan arti kebahagiaan dan penderitaan,juga untuk melati iman setiap umatnya. pada abad pertengahan di eropa ketika kehidupan berpusat pada soal agama dikenal adanya civitas dei yang berarti kerajaan Tuhan, yang menekankan kahidupan yang tekendali agar kehidupan duniawi ini manusia tidak mudah mengumbar nafsu.

Siksaan

Siksaan yang sifatnya psikis,misalnya :

Kebimbangan
Kebimbangan dialami oleh seseorang bila suatu saat ia tidak dapat menentukan pilihan dalam hidupnya, akibat dari kebimbangn tersebut akhirnya ia merasa tersiksa.
kebimbangan tersebut sangat mempengaruh buruk pada orang yang pemikirannya lemah karena kebimbangan yang berkepanjangan membuat ia merasa tersiksa lebih lama namun bagi orang yang memiliki pemikiran yang kuat, secepat mungkin ia akan menentukan pilihan nya. agar ia tidak larut dalam penderitaan.

Kesepian
Setiap manusia pasti pernah mengalami yanga namanya kesepian, hal ini akan terus dirasakan walau ia berada ditengah-tengah keramaian, sama halnya dengan kebimbangan kesepian harus dapat diatasi secepat mungkin, seperti bertemu dengan teman atau dengan orang-orang terkasih, agar tidak merasakan penderitaan batin yang lebih lama.

Ketakutan
ketakutan merupakan salah satu penyebab seseorang mengalami penderitaan batin, apabila ketakutan di besar-besarkan akan berakibat buruk pada diri seseorang yang disebut "phobia"
ketakutan tidak selalu identik dengan tempat yang sepi, dalam keramaian pun seseorang dapat mengalami ketakuta, sebab ketakutan merupakan yang sifatnya psikis.

• sebab orang merasa ketakutan
a. claustrophobia : takut terhadap ruang tertutup
b. Agorophobia : takut terhadap ruangan terbuka
c. Gamang : takut berada di tempat ketinggian
d. Kegelapan : takut bila berada di tempat gelap
e. Kesakitan : takut yang disebabkan rasa sakit
f. Kegagalan : takut akan mengalami kegagalan

• kekalutan mental adalah gangguan kejiwaan akibat ketidakmampuan seseorang menghadapi persoalan yang harus diatasi sehingga yang bersangkutan bertingkah kurang wajar.
ada beberapa gejala gejala-gejala seseorang mengalami kekalutan mental :
1. jasmani : merasakan pusing, sesak napas, demam, nyeri pada lambung
2. rohani : rasa cemas, ketakutan patah hati, apatis, cemburu, mudah marah.

sebab-sebab timbulnya kekalutan mental :
a. Kepribadian yang lemah
b. Terjadinya konflik sosial budaya
c. Cara pematangan batin yang salah

proses-proses kekalutan mental yang dialami seseorang mendorongnya kearah :
a. positif : trauma (luka jiwa), survive dalam hidup
b. negatif : trauma diperlarutkan atau diperturutkan akhirnya frustasi

*bentuk-bentuk Frustasi
a. agresi
b. regresi
c. fiksasi
d. proyeksi
e. identifikasi
f. narsisme
g. autisme

* Penderitaan dan sebab-sebabnya
Penderitaan yang timbul karena perbuatan buruk manusia
Penderitaan yang timbul karena penyakit, siksaan/azab Tuhan

* Pengaruh penderitaan
=>Sikap positif : sikap optimis mengatasi penderitaan hidup bahwa hidup bukan rangkaian penderitaan
=>Sikap negatif : penyesalan karena tidak bahagia, sikap kecewa, putus asa, ingin bunuh diri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar