jam sekarang

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

Tugas 1


by : jettira.v

Dalam kehidupan manusia, khususnya orang-orang yang terikat dengan pekerjaan yang berubungan dengan komputersangat mengerti sekali betapa pentingnya keberadaan komputer.

kenapa ada interaksi manusia dengan komputer?
Interaksi manusia dan komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimanamendesain, mengevaluasi, dan mengimplementasikan sistem komputer yang interaktifsehingga dapat digunakan oleh manusia dengan mudah.Interaksi adalah komunikasi 2 arah antara manusia (user) dan sistem komputer.Interaksi menjadi maksimal apabila kedua belah pihak mampu memberikan stimulan dan respon (aksi & reaksi) yang saling mendukung. Jika salah satu tidak bisa,maka interaksi akan mengalami hambatan atau bahkan menuju pembiasan tujuan. dalam berinteraksi manusia dengan komputer,para pemakai pertama kali akan berhadapan dengan perangkat keras komputer.Untuk sampai pada isi yang ingin disampaikan oleh perangkat lunak,pemakai dihadapkanterlebih dahulu dengan seperangkat alat seperti papan ketik(keyboard),monitor,mouse,joystick,dan lain-lain. Pemakai harus dapat mengoperasikan seperangkat alat tersebut. Selanjutnya, pemakai akan berhadapan dengan macam-macam tampilan menu, macam-macam perintah yang terdiridari kata atau kata-kata yang harus diketikkannya, misalnya save, copy, delete, atau macam-macam ikon. Peralatan, perintah, ikon dan lain-lain yang disebutkan di atas dikenal dengan nama interface (antarmuka). Interface ini merupakan lapisan pertama yang langsung bertatap muka dengan pemakai.
sebagai contoh : dalam menyimpan file atau dokumen, kita membutuhkan komputer untuk menyimpan dokumenyang kita butuhkan, agar dalam pencariannya pun mudah serta tidak membutuhkan waktu yang cukup lama.namun apabila komputer dalam keadaan tidak baik atau rusak seperti mati lampu atau heng, kita tidak dapat melakukan pekerjaan tersebut.respon dari manusia dan komputer menentukan kemaksimalan pekerajaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar