jam sekarang

CARA-CARA MERAWAT RAMBUT

Tulisan (tugas P)
Mat.kulh: Ilmu sosial dasar
BY : Jettira.v

Rambut merupakan mahkota yang indah bagi seorang perempuan. Ada kurang lebih 100.000 helai rambut di kepala dan setiap helai tumbuh dalam waktu 2 hingga 6 tahun. Suatu hal yang normal bila 50 hingga 100 helai rambut mengalami kerontokan setiap hari. Karena biasanya rambut yang rontok akan tumbuh rambut baru kembali. Fungsi evolusioner dari rambut adalah melindungi kulit kepala dari sengatan matahari dan hawa dingin.

Berikut tips-tips merawat rambut :

1. BERSIHKAN RAMBUT SECARA TERATUR

Agar kebersihan rambut dan kulit kepala terjaga, usahakan minimal membersihkan rambut dua hari sekali. Sebaiknya, aktivitas mencuci rambu tidak terlalu lama. Satu atau dua menit pun cukup. Setelah itu, dibilas hingga bersih.Kebersihan rambut bisa membantu lancarnya sirkulasi darah pada kulit kepala. Rambut yang bersih juga membantu mengurangi stres dan membantu jaringan metabolisme agar tetap tumbuh dan berkembang secara normal. Kutu rambut pun tidak diberi kesempatan untuk hidup. Rambut wangi, bersih, dan segar.

2. PILIH SAMPO YANG TEPAT

Disarankan membeli sampo berkualitas baik yang mampu menghilangkan minyak, sisik kepala, dan membuat rambut jadi lebih lemas, gampang disisir, serta tidak mudah kusut.

3. GUNTING RAMBUT

Guntinglah rambut secara teratur. Selain untuk menjaga penampilan, rambut yang pendek juga mudah menjaga kebersihan rambut.Memotong rambut juga berguna agar ujung-ujung rambut tetap sehat, tidak bercabang, mudah patah, atau kering.


4. KONSUMSI MAKANAN BERGIZI

Rambut sehat memerlukan asupan nutrisi yang baik. Kurangnya asupan protein dan vitamin dapat membuat rambut rontok, kusam, kemerahan, berketombe, dan akhirnya rontok. Ingat, vitamin dan zat gizi berperan dalam menunjang kekuatan dan kesehatan rambut. Vitamin B kompleks, misalnya, jika asupannya kurang dapat menyebabkan rambut kusam, juga tumbuh suburnya ketombe. Sedangkan vitamin C dapat menjaga kekuatan akar rambut. Ingat akar rambut berperan dalam kesehatan rambut secara keseluruhan. Lewat akarlah, semua zat gizi diserap dan disalurkan ke rambut. Kurangnya zat besi juga berisiko menimbulkan kerontokan rambut. Zat belerang juga berperan dalam memberikan kilau pada rambut. Kandungan zat gizi ini dapat ditemukan pada ikan, telur, dan lain-lain. Sedangkan lemak berperan dalam menjaga kekuatan rambut, disamping kilau rambut.

5. HATI-HATI SAAT MENGERINGKAN

Mengeringkan dengan handuk bisa jadi penyebab kerusakan rambut. Menggosok rambut basah dengan handuk membuat helai-helai rambut kusut dan mudah terjerat pada benang-benang di handuk, sehingga tertarik dan mudah putus, rusak pada kutikula, dan ujung rambut terbelah. Jadi, tepuk-tepuk saja rambut basah dengan handuk, lalu diurut sesuai arah pertumbuhan rambut. Memang cara ini agak makan waktu,amun sangat penting untuk kesehatan rambut.

6. Hindari menggaruk kulit kepala pada saat mencuci rambut
Selain akan membuat kulit kepala terluka, cara ini juga membuat pelembab alami yang terdapat di kulit kepala berkurang. Lakukan pijatan ringan pada bagian kulit kepala.

7. Gunakan hair mask minimal 1 x seminggu
Untuk rambut yang sangat kering gunakan hair mask (masker rambut) minimal seminggu sekali. Oleskan masker secara merata, biarkan selama beberapa menit. Perawatan ini akan membuat rambut terasa lebih lembut dan bersinar.

2 komentar:

Posting Komentar