jam sekarang

Management Proyek dan Resiko

MANAGEMENT PROYEK



Management proyek merupakan suatu kegiatan yang menjelaskan tentang rencana suatu pekerjaan atau program dalam kegiatan yang nyata dan berkemungkinan besar tidak akan terulang lagi dalam jangka waktu yang cukup lama.
Batasan proyek
Management proyek memiliki beberapa batasan yakni :

*Pemahaman proyek
Dalam pelaksanaan suatu proyek, dibutuhkan pemahaman dalam proyek tersebut. Hal ini berfungsi dalam kelanjutan pelaksanaan proyek tersebut. Tanpa adanya pemahaman tersebut, maka proyek yang akan dilaksanakan tersebut tidak akan selesai dengan apa yang di inginkan.

*Ruang lingkup
Ruang lingkup proyek merupakan tata cara dalam penentuan waktu proyek akan di mulai, perencanaan proyek yang akan di garap, verifikasi proyek dan control atas perubahan yang kemungkinan akan terjadi saat proyek tersebut di laksanakan.

*Dana proyek
Merupakan cara untuk perencanaan sumber dana proyek yang di butuhkan, memperhitungkan harga dan sumber daya, mendefinisikan pengeluaran dana, serta pengontrolan keuangan proyek.

*Batas waktu proyek
Mendefinisikan suatu aktifitas dan menentukan urutan kegiatan yang akan dilakukan dalam pelaksanaan proyek,yang di rangkum dalam skedul, mendefinisikan jangka waktu yang di butuhkan dari setiap pekerjaan, dan pengontrolan setiap skedul-skedul tersebut.

*Sumber daya manusia/pekerja
Merupakan kegiatan perancangan sumber daya manusia, perekrutan tenaga kerja yang akan mengerjakan proyek, serta pembuatan sebuah team guna mempermudah dalam melaksanakan proyek.

*Resiko
Mengidentifikasi atas management resiko rang akan timbul dari proyek tersebut, merencanakan tindakan yang akan di ambil dalam ancaman resikoyang timbul, memonotor setiap resiko yang akan muncul dalam pelaksanaan proyek tersebut.

Macam-macam proyek

 Proyek penelitian
Proyek ini merupakan penemuan dan penelitian suatu produk/alat yang baru, yang bermanfaat untuk keperluan manusia.

 Proyek pembangunan
Yakni suatu proyek pembangunan sebuah gedung atau pembangunan sarana lalu lintas,dll.

 Proyek management service
Proyek ini berupa perancangan pembuatan system informasi management, peningkatan produktifitas pemerintahan, perusahaan, dll.



MANAGEMENT RESIKO


Istilah kata (risk) resiko memiliki berbagai macam definisi. Resiko berhubungan dengan kemungkinan kejadian atau keadaan yang dapat mengancam pencapaian tujuan dan sasaran proyek. kita perlu menyadari bahwa segala benda di dunia ini memiliki resiko untuk mengalami kerusakan, termasuk diri kita sendiri.Oleh karena itu, kita perlu menganalisa resiko-resiko apa aja yang ada, berapa besar peluang resiko tersebut terjadi. Untuk resiko-resiko yang dapat menimbulkan kerugian besar, kita perlu menyiapkan rencana antisipasi agar kegiatan kita tidak sampai terganggu hanya karena masalah tersebut.

Seperti contoh dalam cerita dibawah ini :

Rina adalah seorang asisten manager di perusahaan swasta yang cukup terkenal di bandung. Beliau sudah berkeluarga dan memiliki 1 orang anak. Setiap harinyaRina mengendarai sepeda motornya untuk pergi ke kantor.
Pada suatu hari, musibah datang menimpa Rina. Motor yang di kendarainya di senggol oleh sebuah truk ketika beliau hendak menyebrang, motor Rina mengalami kerusakan parah sementara Rina sendiri jatuh tidak sadarkan diri karena kepalanya terbentur kesebuah tiang lisrtik yang berdiri di pinggir jalan tersebut,sehingga langsung dilarikan ke rumah sakit.
Ternyata luka yang dialami oleh Rina cukup parah. Rina mengalami patah tulang kaki kiri dan gangguan jaringan fungsi otak di kepalanya.Selama sebulan Rina berada dalam kondisi koma, tidak sadarkan diri. Setelah sadar, Rina masih harus dirawat nginap dalam rumah sakit selama tiga minggu dan setelah itu kesehatan Rina harus dicek setiap seminggunya. Sementara kakinya yang mengalami patah tulang tidak bisa digunakan untuk bekerja selama 4 bulan.
Perusahaan tempat Rina bekerja merasa turut berduka cita atas musibah yang menimpa Rina. Mereka mengirimkan parsel dan menjenguk Rina pada saat di rumah sakit. Namun karena Rina tidak bisa bekerja dalam 4 bulan mendatang, mereka memutuskan untuk memberhentikan Rina.
Karena perusahaan tersebut membutuhkan pekerja yang memiliki fisik dan mental yang baik, agar perusahaan tersebut berjalan dengan baik.

Berapa kerugian yang diderita oleh Rina?
1. Motornya rusak karena di senggol truk.
2. Ongkos rawat nginap rumah sakit hingga 3 minggu.
3. Obat-obatan yang diperlukan untuk memulihkan kesehatan Rina
4. Kehilangan pekerjaan yang menjadi sumber penghasilan utamanya.
5. patahnya kaki kiri karena kecelakaan tersebut.

Yang perlu diperhatikan disini adalah bahwa semua orang/proyek memiliki risiko mengalami musibah seperti cerita diatas. Oleh karena itu, penting bagi setiap orang untuk mempelajari manajemen resiko.



sumber : diarcoolz.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar