jam sekarang

CARA CEPAT DAN SINGKAT ATASI PROBLEM SOLVING

tulisan(tugas P)

Kerusakan MMC,lost data,no signal,hilang suara saat panggilan atau menerima telepon


Sering kali kita kesal kala kita tidak dapat mendengarkan lagu-lagu favorit kita hanya karena MMC rusak atau heng..disini ada beberapa tips untuk mengatasi kerusakan kecil tersebut.mari kita simak beberapa tips berikut :

1.NO READ MMC
MMC merupakan sebuah media penyimpanan eksternal yang biasa digunakan untuk memory tambahan handphone,kamera digital,MP4,dll. MMC juga memiliki beberapa tipe seperti SD card,mini SD,micro SD, stic mikro atau M2,dll.kapasitas MMC juga bermacam-macam diantaranya 128mb,256mb,512mb,1GB,dan sekarang sudah ada 16GB. kerusakan yang sering terjadi pada MMC biasanya tidak bisa dibaca,slot MMc yang rusak berikut langkah perbaikannya :
==> coba bersihkan slot MMC
==> ungkit kaki-kaki yang terdapat dalam slot MMC agar bisa menyentuh ke MMc
==> coba pasang MMC kita ke handphone lain,bila tetap no read MMc berarti MC kita rusak, begitupun sebaliknya.

2. LOST DATA
kebanyakan orang merasa bingung dan takut bila sudah mendapatkan masalah lost data atau data hilang ini.maksud dari data hilang disini bukan karena data yang telah kita simpan
terus tiba-tiba hilang,akan tetapi bila saat kita save pada MMc memang berhasil,tapi bila kita lepas MMC dan pasang kembali, maka data yang tadi kita simpan hilang.
kerusakan ini bisa terjadi pada IC memory di handphone kita,langkah perbaikannya :
==> lakukan pemanasan atau reblow pada IC memory agar kaki IC melekat dengan baik.
==> setelah itu cobalah lakukan perbaikan secara software atau flash ulang.

3.NO SIGNAL
kerusakan signal sering terjadi pada handphone GSM maupun CDMA yang dikarenakan software maupun hardware.penyebab dari kerusakan ini karena semakin melemahnya kinerja IC yang bagian signal atau karena rusaknya software signal.sebagai langkah perbaikannya :
==> cek dengan menggunakan pilihan jaringan pada manual search,jika muncul beberapa operator,maka cobalah dipanaskan IC PA atau menggantinya.
==> bila tidak muncul beberapa operator(tidak ada jaringan) maka coba dahulu dengan perbaikan secara software,dan bila masih tetap no signal maka ganti IC RF.

4. TIDAK ADA SUARA SAAT MENERIMA TELEPON
kerusakan ini bisa disebut juga karena tidak terdengarnya suara dari penelepon dan terjadi karena kurang menempelnya kaki dari speaker atau rusaknya speaker itu sendiri,langkah perbaikannya dengan cara :
==> ungkitlah kaki dari speakernya
==> test dengan multitester pada x1ohm.
==> bersihkan tempat kaki speaker pada PCB handphone yang kemungkinan kotor karena debu.
==> bila speaker sudah dipasang dan hasilnya masih tetap tidak ada suara, maka harus ganti speakernya.

5. TIDAK ADA SUARA SAAT MENELEPON
kerusakan ini sama dengan tidak terdengarnya suara kita oleh lawan bicara kita,kerusakan ini juga bisa terjadi karena kurang menempelnya kaki dari microphone atau rusaknya microphone tsb,
sebagai langkah perbaikannya :
==> test microphone dengan multitester pada x10 ohm
==> kemudian ungkitlah kaki microphonenya
==> jika setelah microphone dipasang dan hasilnya masih tetap tidak terdengar suara kita oleh lawan bicara kita, maka ganti microphonenya.

6. TIDAK ADA RINGTONE (NADA DERING)
setiap handphone mempunyai nada dering sebagai tanda peringatan jika ada telepon atau sms masuk pada hendphone kita. ringtone sendiri keluar dari speaker ringtone atau kalangan teknisi handphone yang menyebutnya buzzer.dari segi fisik mirip dengan speaker biasa dan bahkan untuk tipe handphone yang terbaru speaker biasa dan speaker ringtone sudah disatukan tapi tetap fungsinya berbeda.kerusakan speaker ringtone diantaranya seperti tidak ada ringtone dan suara mp3 tidak bisa didengar.
langkah-langkah perbaikannya adalah :
==> test speaker ringtone(buzzer) dengan multitester x1 ohm.
==> bersihkan tempat kaki speaker ringtone dari kotoran
==> coba ungkit kaki buzzernya
==> jika semua langkah sudah dilakukan,dan hasilnya masih tetap sama, maka anda harus mengganti speaker ringtone/buzzer tsb.

nah bagaimana????cara yang sangat gampang bukan??
ayo..mari perbaiki handphone kita sendiri tanpa kesulitan dengan cara perbaikan diatas..
selamat mencoba..!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar